Menjelajah Bukit di Bantul

January 31, 2016



Minggu lalu saya mengajak kawan semua buat mampir ke Gunung Kidul (baca di sini), lalu sekarang kita mau kemana lagi? Baiklah, ucapkan hai pada Bantul, "Hai, Bantul!" *mau-mau aja disuruh*. Bantul merupakan salah satu kabupaten di DI Yogyakarta, disinilah pariwisata tersohor Jogja terletak seperti Pantai Parangtritis. Tapi nggak cuman Parangtritis doang, masih banyak tempat wisata ketje yang perlu kalian sambangi di Bantul ini. Dan saking banyaknya, jalan-jalan edisi Bantul kali ini bakal saya buat kayak sinetron sepanjang 4 episode, dan episode pertama kali ini bertemakan bukit. Jadi teteup stay tune bareng Pipit yah.. *kedip manja*

Negeri Atas Awan, Kebun Buah Mangunan



Kebun Buah Mangunan (KBM) terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari pusat kota Bantul sendiri hanya berjarak sekitar 15km saja, apabila kawan start dari Kota Jogja jarak yang ditempuh sekitar 35km. KBM menawarkan wisata kebun buah yang tertata rapi, namun yang paling hits di sini itu negeri atas awannya.

Sebutan lain KBM ini adalah negeri atas awan, jadi kalau kawan datang pagi-pagi kesini, kalian bisa menikmati keindahan hamparan awan namun keindahannya itu hanya muncul pas musim hujan. Sayangnya, saya mengunjungi KBM saat musim kemarau, jadinya nggak bisa liat negeri atas awannya deh, tapi nggak ada penyeselan kok, karena KBM tetep worth it buat dikunjungi. Dengan tiket 5 rebong rupiah saja, kita semua bisa menikmati indahnya kawasan KBM ini.


Sejuknya Hutan Pinus Imogiri



Setelah selesai mengunjungi KBM, saatnya meluncur ke Hutan Pinus Imogiri (HPI). Jarak HPI dan KBM sendiri tidak terlalu jauh, tinggal mak srit nyampe deh. Lalu ada apa di HPI? Tentu saja kita akan disuguhkan pemandangan pinus sepanjang mata memandang di HPI. Tempatnya yang sejuk, cocok banget buat piknik.



HPI sendiri jadi salah satu tempat hits di Jogja, banyak banget yang datang kesini apalagi weekend. Nggak cuman sekedar piknik, banyak yang foto-foto buat dapet julukan hits (kayak saya), oh ya, HPI ini salah satu spot favorit calon-calon pengantin buat foto prewed. Untuk masuk ke HPI seingat saya 1 motor dengan 2 penumpang cuman 6 rebong saja, murah-semurahnya. Kalau udah di sini, rasanya ogah pulang deh, suer..!


Puncak Becici, Melihat Jogja dari Ketinggian



Sebenarnya waktu mengunjungi Puncak Becici (PB) itu nggak sengaja, kenapa? Karena saya mengunjungi PB sambil nyambi survei keadaan rambu soalnya saya lagi magang di salah satu kantor SKPD Kab. Bantul, jadi mohon maaf ye kalau saya nggak tahu berapa harga tiket masuknya. Namun untuk lokasinya sendiri, nggak jauh kok dari HPI, tinggal lurus aja dari lokasi HPI.

Sepertinya Jogja sedang menggalakkan pembangunan rumah pohon, hihihi. Kalau kawan mengunjungi PB, ada beberapa rumah pohon yang nangkring dan siap untuk didaki, nggak cuman PB aja sih yang ada rumah-rumahan pohon gini, di HPI juga ada. Berhubung saya pakai seragam yang bawahannya rok, fix nggak ada kesempatan saya buat nyobain sensasi naik ke rumah pohon, yang ada cuman ngiler liatin temen-temen setempat magang menikati keindahan Jogja dari puncak gini. Ditambah saya datang kesini pas siang-siang, alhasil puanase ra nguati!

Kalau ada kawan yang mau ke salah satu tempat yang ceritakan tadi, ada baiknya kawan ikutin tips berikut :

  • Datanglah di pagi hari sekitar jam 6 pagi, khususnya untuk KBM dan PB, bukit ada tempat yang tepat untuk menikmati keindahan surya yang bersembunyi malu-malu dibalik awan *eeaaa*  
  • Bawalah bekal bila perlu, nikmat banget kalau bisa sarapan disalah satu spot yang udah saya ceritain.  
  • Cek selalu kendaraan, jalan menuju bukit sudah tentu menanjak. Jangan sampai kendaraan kalian (khususnya motor) nggak kuat di gas, lah kapan sampainya?

Overall, saya pingin banget kesana lagi, kalau bisa sih nikah sekalian sama orang Jogja biar sekalian saya pindah kesana, hahahaha.. Btw happy Sunday all!
ps : ada bonus fotonya


Baca Artikel Populer Lainnya

11 komentar

  1. Aaamiiiin... Qobul Ya, Rabb. Berikanlah Mba Pipit jodoh orang Jogja.

    View nya tjakep, Mba. Ga kalah Ya ma luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin amib Ya rabb. Alhamdulillah dapet doa. Semoga dikabulkan :))

      Iya dong. Indonesia itu keren

      Delete
  2. Tempatnya keren yah. Bisa buat foto2 untuk stok foto di blog tuh, haha

    ReplyDelete
  3. Semoga dapat jodoh orang Yogya. Nanti kalo aku ke sana, biar bisa nebeng ke rumahmu. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..
      Monggo mbak nginep aja. Tapi kalau saya dapet ya.. Hahaha

      Delete
  4. aku belum kesampean main ke mangunan di pagi buta, biar dapat moment awannya, tapi tempat pastinya juga belum tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ada waktu kesana aja mas. Apalagi ini udah musim penghujan kan, cucok deh, pasti dapetnya. Ini lokasinya gampang banget. Nanti kalau udah sampai daerah imogiri ada petunjuk arahya

      Delete
  5. Wah.. hasil fotonya keren2 Mba.. Panorama hutam pinus sungguh mempesona..

    ReplyDelete
  6. Tempat pertama dan kedua pengen banget aku datengin waktu ke Jogja akhir tahun lalu, tapi sayang gak kesampean. :'))

    ReplyDelete
  7. artikelnya sangat menarik mba, buat referensi klo mau ke sana

    ReplyDelete

If you have no critics you'll likely have no succes ~Malcolm X